Selasa, 03 September 2019

Pesona Alam Lembah Winden : Persembahan Wisata dari Sumber Gogor


Lembah Winden, satu lagi destinasi wisata di Wonosalam dari regional Sumber Gogor. Terletak di Sumber Gogor, Lembah Winden memang merupakan destinasi wisata yang erat kaitannya dengan mata air Sumber Gogor yang mengalirkan air ke Sungai Gogor.


Pesona Alam Lembah Winden menawarkan wisata berupa keindahan lembah yang dipenuhi taman hijau dan asri dengan kolam renang yang airnya langsung dari aliran Sumber Gogor yang berada tak jauh dari destinasi ini.






LEMBAH









Seperti wisata di Wonosalam pada umumnya, destinasi yang berada di pucuk gunung ini dihiasi taman yang asri yang dilengkapi gazebo bambu dengan pemandangan sungai dan bebatuan.










Airnya jernih karena langsung dari sumber mata air

Kolam renang di Lembah Winden dialiri langsung oleh aliran air dari mata air Sumber Gogor, sehingga tak perlu kaporit untuk menjernihkannya. Ada aliran air kecil yang jernih, bisa digunakan untuk cuci tangan dan kolam ikan kecil di samping swimming pool.





Segarnya cuci tangan dengan air jernih langsung dari aliran sumber mata air



Meraih nangka

Bunga-bunga, dedaunan warna-warni dan aneka pohon buah ditanam pengelola untuk menghiasi Lembah Winden. Sebut saja pohon kopi robusta, pohon durian, nangka dan masih banyak lagi bisa dilihat di Lembah Winden. Pengelola juga memberi papan nama di setiap pohon untuk memudahkan pengunjung mengenali jenis pohon.

Di bawah pohon Durian





Bebatuan ditata menjadi jalan setapak dan menghiasi taman di Lembah Winden yang bisa dijadikan arena foto selfie. Tampak satu spot yang berbentuk love dari batu yang dikelilingi indahnya bunga warna-warni. Dari spot ini, juga bisa melihat kolam renang dari dekat.







Lembah Winden pastinya sudah melengkapi fasilitasnya dengan toilet dan kamar mandi untuk pengunjung, terutama bagi yang berenang. Terdapat pula ayunan dan pondok bambu untuk bersantai.




Pondok bambu untuk leyeh-leyeh




Beberapa hiasan berupa payung khas destinasi kekinian yang melanda dunia wisata selfie juga melengkapi pemandangan di Lembah Winden. Jembatan bambu melintang di atas sungai yang airnya mengalir diantara bebatuan besar. Pengunjung bisa bermain air di sungai ini karena aliran airnya tak begitu deras seperti di Jurang Pethung.




Aliran air di sungai yang ada di Lembah Winden ini kadang ada, kadang lumayan. Pertama Jombang City Guide mampir, aliran airnya begitu kecil seakan terlihat kering. Saat kedua kalinya, baru air mengalir agak lumayan volumenya. Jarang mengalir deras dan besar selain karena karakteristik sungainya juga disebabkan makin sedikit alirannya karena krisis mata air di Wonosalam. Tentang krisis mata air ini, bisa cek ke Padepokan Wonosalam Lestari dimana ECOTON beraktivitas.






Untuk menuju Wisata Pesona Alam Lembah Winden, dari Pasar Wonosalam lurus hingga pertigaan. Ambil cabangan ke kiri, lurus saja, Lembah Winden berada setelah Griya Kawitan, dan ada di kiri jalan. Gapura bambu akan tampak saat wisatawan tiba di lokasi yang sudah tertera dalam Gmaps.




Jalanan menurun yang cukup curam, akan menyambut wisatawan saat memasuki lokasi Lembah Winden yang memang berada di sebuah lembah. Pengelola sudah menata bebatuan untuk memudahkan pengunjung untuk sampai ke jantung lokasi wisata.


Jalan menurun


Meniti turunan




Pergola dari pohon

Loket berada di samping kolam renang, dengan sebelumnya disambut pergola dari pohon kopi robusta. Tampak dari seberang ada pondok bambu dan ayunan maupun jembatan untuk memasuki area taman di untuk spot selfie.



Paker???

Karcis stempelan

Destinasi ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Tiket masuk dibandrol setara selembar lima ribu rupiah, dengan tambahan tarif yang sama untuk kolam renang. Lahan parkir untuk motor tersedia di dalam area wisata, sedangkan bagi kendaraan roda empat bisa menggunakan tepi jalan Sumber Gogor.


Tepi jalan





Sebagai salah satu destinasi yang ada di Wonosalam, Lembah Winden harus segera merilis wahana baru atau hal menarik yang menjadi pembeda dengan wisata lainnya di Lereng Anjasmoro. Misalnya lokasi taman yang begitu rimbun disulap menjadi labirin mini sehingga pengunjung bisa berputar-putar dan kesasar cantik di lokasi. 



Bisa juga disediakan wahana n permainan balap egrang, counter souvenir khas Wonosalam sekaligus wahana melukis caping dan nampan bambu untuk anak-anak yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Cuma usul.


Duo Pesek









Perlunya wahana baru yang unik dan menarik akan membuat wisatawan tidak bosan dan akan selalu tertarik datang dan datang lagi ke Lembah Winden. Ini tak lepas dari Lembah Winden yang punya fitur serupa dengan destinasi lainnya di Wonosalam yang monoton berkisar antara spot selfie dan kolam renang melulu, yang ujungnya bernasib seperti Wana Wisata Gua Jepang, Gua Sriti dan Kompeni Waterpark Galengdowo.








Di Bareng ada LeMbah Ginten, di Wonosalam sebelumnya sudah ada Lembah Giri. Kini Sumber Gogor ikut meramaikan pariwisata Wonosalam dengan Lembah Windennya.


Pesona Alam Lembah Winden
Sumber Gogor
Kecamatan Wonosalam – Kabupaten Jombang
Buka setiap hari
Pagi - Sore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...