Selasa, 01 Desember 2020

Agropolis Wonosalam : Sarana Mewujudkan Mimpi Punya Villa Unik Kebun Durian Sekaligus

 

Tak akan bosan mengusung konsep durian di Wonosalam. Wisatawan dari berbagai tempat akan selalu terpikir tentang Si Buah Berduri ini kala menyebut kawasan lereng Gunung Gede Anjasmoro ini. Bermunculan tempat-tempat yang mengusung elemen durian maupun bernama durian di berbagai lokasinya. Ada Warung Bukit Durian, dan De Durian Park. Kini yang terbaru ada Agropolis Durian Wonosalam.

Secara tak resmi, Agropolis Durian Wonosalam adalah kebun durian di wonosalam. Warga setempat sempat menyebutnya dengan De Durian Park 2, tapi pengelolanya beda. Pendirinya memiliki konsep sendiri sehingga mengusung sesuatu yang berbeda dalam kawasan agrowisata barunya.

Bila De Durian Park adalah wisata kebun durian dengan konsep kepemilikan kebun durian per kavling untuk para membernya, Agropolis Durian Wonosalam punya konsep serupa tapi tak sama. Kebun Durian tetap diusung, tapi bagian yang tak sama adalah member juga bisa memiliki villa berikut pekarangan yang ditanami pohon duriannya sekaligus. Konsep kepemilikan villa, mirip dengan cottage yang ada di Villa Kampoeng City. Bila diamati, Agropolis Durian adalah gabungan antara Villa Kampoeng City dan De Durian Park karena merupakan perpaduan antara konsep villa dan kebun durian sekaligus.


Berada tak jauh dari masjid putih di kawasan Ampel Gading, Jl. Kelud, Dusun Wonosalam, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Agropolis Durian seakan berada di jantungnya Wonosalam. Wonosalamnya Wonosalam gitulo.

Yang paling menarik dari Agropolis Durian adalah desain villanya begitu unik seperti bentuk-bentuk rumah singgah kekinian di lokasi wisata populer di Jawa bagian barat. Ukurannya memang tak terlalu besar dan terbuat dari kayu, tapi bentuknya berupa pondok-pondok kayu lengkung. Bentuk unik ini menjadi yang pertama di Wonosalam dan pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pondok-pondok unik beserta pekarangan durian di sekitarnya bisa dimiliki dengan sistem member yang berlaku selama lima tahun. Perawatan villa sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola, dan setelah berjalan selama lima tahun, member bisa diperbarui. Selama menjadi member, anggota bisa menikmati menginap di villa unik di lokasi berikut panen pohon durian di pekarangannya ketika sudah berbuah.

Konsep villa berpekarangan durian ini juga tak melulu punya satu varian. Ada banyak varian yang bisa dipilih, dengan fitur yang beragam. Petak-petak bisa berisi green house, lengkap dengan pohon durian yang ditanam di sampingnya. Ada yang berisi tiga pohon durian, dan masih banyak lagi. Katanya, bibit pohon durian yang ditanam adalah durian bido yang menjadi durian kebanggaan Wonosalam.

Pihak pengelola bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perawatan lokasi sehingga member pun tak perlu kebingungan mencari warga setempat untuk mengurus villa-kebun miliknya. Wisatawan non-member pun bisa menikmati suasana di villa unik berikut suasana kebun durian di kawasan Agropolis Durian. Bagi yang ingin menginap, bisa menyewa salah satu pondok kayu dengan tarif 300ribu rupiah per malamnya.

Lokasi Agropolis Durian juga tak jauh dari pasar Wonosalam, yang menjadi pusat perekonomian warga setempat. Dekat dengan masjid putih dan akses langsungnya akan segera rampung akan memungkinkan member dan pengunjung muslim tenang beribadah, sesuai dengan slogan Agropolis sebagai peradaban keberkahan. Sholat berjamaah di masjid terjamin, berkebun juga dilakukan berjamaah.

Paling dekat, ada Wisata Sumber Bulu yang bisa menjadi jujugan untuk menikmati keasrian Wonosalam. Belanja oleh-oleh Wonosalam juga bisa dilakukan di Rumah Madu Samsi di jalur yang sama. Sedangkan jujugan berupa kebun-kebunan lain yang terdekat adalah WAE yang menjadi wisata edukasi dan agrowisata sekaligus.

Kala langit cerah, puncak kukusan yang ikonik akan terlihat muncul di balik bentangan Gunung Gede Anjasmoro. Sebenarnya, letak lapangan Wonosalam yang menjadi lokasi digelarnya Kendurenan acara tahunan terbesar di lereng Anjasmoro juga dekat dengan Agropolis. Tapi aksesnya masih berupa hutan dan kebun warga setempat. Ketika acara Kendurenan Wonosalam di Lapangan Wonosalam berlangsung, suasananya tampak dari lokasi Agropolis Durian. Replika durian di kerangka tumpeng durennya terlihat menyembul dari kejauhan.

Meski demikian, kegiatan bertema durian juga dilakukan pengelola dengan durian fun camp. Peserta camping dan para member akan menginap di Agropolis, mengingat di Wonosalam belum ada penginapan keluarga yang layak untuk singgah. Kemudian pengelola menggelar makan durian sepuasnya di hall Agropolis. Jadi sebelum semua berpesta durian di kendurenan, biasanya member dan pengunjung Agropolis sudah mabuk durian dulu di kebun duriannya langsung. Hahhahahahahha......

Beruntung, Jombang City Guide sempat hadir dalam acara makan durian sepuasnya di Agropolis Durian. Banyak orang yang hadir dan semuanya jelas pecinta durian. Acara digelar sederhana namun sangat berkesan. Sembari menikmati suasana, peserta makan durian sepuasnya juga dijamin pasukan duriannya oleh pengelola yang sudah menyediakan ratusan butir durian beserta pemecah durennya.

Jombang City Guide hadir bersama wisatawan asal dari Ambon, yang sedang menyelesaikan studinya di Jombang. Si Ambon ini, benar-benar takjub dengan perhelatan durian ini, dan menjadi pengalaman baru baginya. Acara kendurenan di Wonosalam berikut acara-acara lain yang juga digelar di Wonosalam sebagai pelengkap pesta durian terbesar di lereng Anjasmoro menjadi inspirasi bagi Si Ambon untuk merintis acara serupa di kampung halamannya.



Wisatawan yang datang ke Wonosalam, meski bukan member jugaboleh menikmati suasana di kebun durian Agropolis ini. Syukur bila mengabarkan kawan-kawannya mengenai kebun durian bervilla unik di Wonosalam. Apalagi mengajak untuk beli salah satu petak pondok kayunya. Heheheheh... meski direncanakan sekitar 250 hektare lahan, namun kalau habis juga ngaplo gak kebagian, 'kan.

Mau ke Kendurenan, tapi terjebak macet di jalan karena penuhnya wisatawan. Berinisiatif datang duluan dengan menginap, tapi tak punya tempat singgah sedangkan di Wonosalam belum ada penginapan yang layak. Berminat punya villa di Wonosalam tapi belum ada pandangan. Jadi bagi orang-orang yang punya mimpi bisa memiliki villa di Wonosalam yang ada pohon duriannya, Agropolis Durian benar-benar merupakan sebuah jawaban.


Agropolis Durian Wonosalam

Jl. Kelud, Ampel Gading,

Dusun Wonosalam, Desa Wonosalam,

Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

Info Pembelian Villa : Zendy - 08122992109

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...