Sabtu, 07 Juli 2018

Nikmatnya Jus Durian Wonosalam



Warung Tombo Luwe adalah warung yang menyajikan makanan pedesaan lereng Anjasmoro pada umumnya. Tombo Luwe yang dalam Bahasa Indonesia artinya penawar lapar memiliki spesialisasi pada hidangan seperti sate dan gule, meski kolak ketan durian dan nasi jagung tetap menjadi andalan.



Berada jalan Arjuno di Sumber, Wonosalam yang juga merupakan jalur menuju WTC, Warung Tombo Luwe menawarkan satu menu yang sangat istimewa di sini dan tak banyak orang menjualnya : Jus Durian.

Smoothies Durian

Di berbagai sudut kota banyak penjual minuman smoothies atau yang di Indonesia lebih sering dikenal dengan jus buah. Aneka varian jus ditawarkan, hingga mix buah pun dijadikan alternatif untuk modifikasi rasa bagi minuman yang diblender dalam pembuatannya ini.


Tapi diantara varians yang ditawarkan oleh para penjual smoothies, sangat jarang kita menemukan varians jus durian. Adapun, maka harganya pun pasti sangat mahal. Banyak yang melupakan sajian sederhana ini, padahal menyimpan potensi setiap penggila durian untuk menggandrunginya.


Jus Durian Warung Tombo Luwe hadir di tengah demam durian yang identik dengan Wonosalam dan melanda dunia kuliner. Dibanderol seharga sepuluh ribu rupiah untuk setiap gelasnya, setara dengan secangkir kopi luwak wonosalam yang langka itu. Sebuah harga yang termasuk tak mahal karena pasaran harga jus untuk kategori buah musiman memang berkisar dalam angka itu.



Kru yang sigap

Disajikan dengan sigap oleh para kru di Warung Tombo Luwe, segelas jus durian ini mengobati rasa penasaran Jombang City Guide untuk menikmati smoothies Si Raja Buah ini untuk pertama kalinya. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.


Tak tanggung-tanggung, Jombang City Guide pun akhirnya memesan ulang jus ini karena Si Bayi dan Bapaknya balapan menghabiskan smoothies dari buah berduri ini. Bayi Jombang City Guide yang susah makan dengan khusyuk menyedot minuman yang dari kejauhan tampak seperti jus sirsat ini.

Enak dek, jus duriannya???

Lhoo, khusyuknya....


Di Warung Tombo Luwe, terdapat pula menu aneka bakso seperti bakso beranak, bakso selimut, dan Bakso Durian yang sebelumnya bisa dinikmati di Aldiraga Love Gym. Rupanya, pengelola Warung Tombo Luwe adalah orang tua dari Si Cantik Bu Iis Marta yang menggagas Bakso Durian Bareng.


Ibunda Bu Iis Marta


Jadi bisa dikatakan karena merupakan cabang dari warung di Bareng, sehingga menu yang disajikan memiliki banyak kesamaan, termasuk jus durian dan durian bakar. Sayangnya, varians Bakso Gudeg yang ada di cabang Bareng belum bisa dinikmati di sini.

Belah Bakso Durian


Balapan makan Bakso Durian


Bedanya, di Warung Tombo Luwe memiliki menu tambahan berupa aneka sate dan gule, termasuk sate kelinci yang rasanya Jombang City Guide tak tega untuk memakannya. Kasihan kelincinya....


Kamu kok tega siiih




Nasi Jagung pastinya hadir sebagai kuliner khas Wonosalam, beserta kolak ketan durian yang makin identik dengan Wonosalam. Kolak Ketan Duriannya disajikan dalam mangkuk gelas yang biasa digunakan untuk sajian es campur singapur.


Kolak Ketan Durian Warung Tombo Luwe

Jalan Arjuno arah WTC

Dulunya Warung Tombo Luwe ada di Jalan Anjasmoro, Desa Pucangrejo, Wonosalam. Kemudian, warung ini pindah ke Jalan Arjuno, Desa Sumber arah WTC. Lokasi baru memiliki lahan yang lebih luas. Di tempat baru, makan berupa lesehan dan meja makan, dapur serta lahan parkir lebih luas.

Lebih luas



Tentunya, warung ini juga sibuk di akhir pekan dimana para pelancong berwisata di Wonosalam. Warung Tombo Luwe juga makin ramai saat musim durian dimana pemburu durian dari berbagai daerah mulai hunting durian wonosalam yang terkenal nikmat itu. Saat musim itu tiba, Warung Tombo Luwe juga akan menyajikan menu durian bakar.

Sedia durian bakar

Aneka olahan durian juga makin merajalela di Jombang. Banyak pula yang menjual durian kupas dalam kemasan, pancake durian, maupun daging durian beku untuk campuran es seperti dalam Sop Durian nikmat di Parimono.


Jus durian di Warung Tombo Luwe hadir sebagai salah satu alternatif kuliner di Wonosalam. Bagi wisatawan yang mungkin sudah bosan dengan kolak ketan durian yang dijual di setiap kedai yang bertebaran di seluruh Wonosalam, bisa mencicipi smoothies raja buah ini. Tertarik mencobanya? Mari datang ke Warung Tombo Luwe di Wonosalam.



Warung Tombo Luwe Pak Slamet
Jalan Arjuno (arah WTC)
Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam
Buka Setiap Hari
Menerima Pesanan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...