Minggu, 22 Juli 2018

Misteri Tebing Selo Lumbung : Bangunan atau Petilasan?


Rasa penasaran menyeruak, saat Jombang City Guide berada di Bulu View. Para pelancong yang menyaksikan kemegahan pegunungan Anjasmoro sembari memandangi rimbunnya pepohonan yang terlihat seperti brokoli, tampak sesuatu diantara lereng. Terlihat sebuah tebing yang cukup unik yang mirip sebuah bangunan aneh dari kejauhan.

Terlihat ada semacam 'bangunan'

Tebing itu terlihat presisi, dengan bagian siku yang lurus seperti sebuah bangunan bersejarah. Bangunan itu tampak kuno, seperti sebuah benteng tersembunyi di satu ceruk lereng punggungan.

Sesuatu mirip bangunan di tebing

Sementara ini Jombang City Guide belum ada warga setempat yang bisa ditanyai perihal tebing unik itu. Namun oleh penduduk setempat, tebing itu sering disebut Watu Lumbung atau Selo Lumbung. Selo artinya watu atau batu, sedangkan lumbung artinya tempat menyimpan padi.

Beberapa penduduk setempat percaya, tebing unik itu adalah batu yang berbentuk seperti sebuah bangunan yang lazim digunakan untuk menyimpan hasil panen pada umumnya. Karena itulah tebing unik itu disebut Selo Lumbung atau Watu Lumbung.

Uniknya, menurut Mbak Dini Warung Ijo Wonosalam yang hari itu dengan baik hatinya mengantarkan kru Jombang City Guide ke Bulu View, ‘bangunan’ kuno itu sedikit ajaib. Beberapa warga penasaran dengan bangunan tesebut sehingga mendatanginya. Namun ketika sudah sampai di titik tersebut, bangunan itu tidak eksis. #mistis


Beberapa pendaki mendengar legenda penduduk setempat yang mempercayai keterkaitan Selo Lumbung dengan sebuah cerita tentang sosok orang kaya yang pelit lalu hartanya disimpan di dalam sebuah lumbung kemudian gudang penyimpanannya pun berubah menjadi batu. Namun pendaki lain membantahnya karena itu adalah legenda lain mengenai Watu Lumbung yang bukan di Jombang.

Ada juga kisah lain yang menyatakan tebing unik ini benar-benar sebuah bangunan dengan sebuah pintu yang masih terkunci rapat. Warga setempat percaya bangunan ini peninggalan Kerajaan Majapahit, entah sebagai tapal batas kota atau memang sebuah petilasan. Bahkan ada yang pernah melihat rumah putih di dekat Selo Lumbung yang kadang ada dan kadang menghilang dengan sendirinya. #mistis

Bisa jadi merupakan candi mengingat banyak peninggalan Kerajaan Majapahit tersebar di Wonosalam. Tebakan ini juga makin meyakinkan saat tebing ini memang terbuat dari batu alam seperti layaknya candi. Adanya candi di lereng pegunungan memang wajar seperti layaknya kompleks candi milik Kerajaan Singasari yang banyak tersebar di Gunung Penanggungan. 

Tebing unik ini terlihat dari Bukit Selo Ringgit yang berada di tebing seberangnya. Para pendaki biasanya melewatkan jalur ini karena lebih tertarik dengan kesegaran Sungai Boro di bawah Selo Lumbung maupun menjelajah area seberang bukit ini yang nantinya terdapat jalur punggungan menuju puncak-puncak Pegunungan Anjasmoro yang membentang di tiga kota yaitu Malang, Mojokerto dan Jombang.


Belum ada informasi yang akurat maupun potret dari jarak dekat tentang tebing ini. Jombang City Guide pun masih meminjam foto dari para anggota grup Explore Wonosalam di Facebook. Melihat bentuk Selo Lumbung yang presisi di kedua sisinya, Jombang City Guide tetap yakin tebing unik ini adalah sebuah bangunan, bukan sekedar tebing yang kebetulan berbentuk mirip bangunan.

Presisi di kedua sisi dengan sudut lurus

Masih ada perdebatan diantara para penduduk setempat mengenai kisah dan asal muasal Selo Lumbung ini. Beberapa bahkan menyatakan Selo Lumbung tidak ada kaitannya dengan Watu Lumbung, ada pula yang bersikukuh Watu Lumbung ada di Wonomerto di Wisata Batu Pelangi, bukan di Panglungan.

Jombang City Guide tetap meyakini, Selo Lumbung ini mungkin dibangun atas maksud tertentu. Lokasinya yang berada di tengah lereng, menunjukkan pemilihan tempat yang strategis dimana bisa melihat semua titik lansekap dari kejauhan. Bisa jadi sebuah benteng atau titik pantau saat masa penjajahan kolonial Belanda, atau petilasan maupun kuil pemujaan dari era Majapahit.

Mungkin perlu ada penjelajahan yang lebih mendalam tentang tempat ini.

Selo Lumbung
Panglungan, Wonosalam, Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...