Selasa, 22 Mei 2018

Kursus Kilat Kerajinan Tanah Liat Kebondalem


Berawal dari tugas sekolah Princess Dija yang menuntut pembuatan prakarya dari bahan tanah liat, Jombang City Guide akhirnya berpetualang ke Kademangan, Mojoagung untuk mengunjungi rumah pengrajin perkakas dari tanah liat.



Di Dusun Kebondalem yang diduga kuat sebagai bagian dari istana Kerajaan Majapahit inilah, Jombang City Guide ‘menyatroni’ rumah Ibu Liana Sang Pengrajin Perkakas dari tanah liat. Bu Liana adalah salah satu pengrajin perkakas dari tanah liat yang ada di Jombang. Di depan rumah Bu Liana, dijemur banyak cobek untuk uleg-uleg bumbu dapur  yang sepertinya dalam tahap pengeringan.


Tembikar berbeda dengan gerabah, meski sama-sama terbuat dari tanah liat. Tembikar lebih pada benda yang berfungsi untuk hiasan ruangan dan estetika, sedangkan gerabah lebih berguna untuk perkakas rumah tangga seperti penunjang aktivitas dapur.


Rumah tinggal yang ada di Kademangan itu, juga dijadikan semacam workshop untuk mengerjakan aneka perkakas yang berasal dari tanah liat. Di bagian belakang rumah digunakan untuk penyimpanan gerabah yang sudah jadi maupun pembuatan tanah liat untuk bahan produksi.
Sebuah kendi mungil dari tanah liat yang ditemukan di Situs Punden Pandegong
Memang, bahan untuk produksi juga tersedia dari alam di Kebondalem, Kademangan. Tak heran peninggalan bersejarah dari zaman Kerajaan Majapahit juga banyak ditemukan pecahan-pecahan gerabah serupa yang kemudian menjadi warisan turun-temurun warga setempat. Jadi bisa dikatakan, Kebondalem juga merupakan sentra industri kecil kerajinan tanah liat.

Belajar langsung dari pakarnya



Bu Liana merupakan pewaris dari usaha produksi gerabah turun-temurun yang sudah berusia lebih dari seabad. Demikian pula beberapa warga desa setempat yang juga banyak menjadi pengrajin aneka gerabah dari tanah liat. Sepertinya warisan keterampilan dari era Wilwatikta masih terjaga hingga kini.



Cobek, tungku sederhana, maupun kendi adalah hasil karyanya. Meski demikian, proses pembuatan gerabah juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, pembuatan cobek dan aneka gerabah ini lebih mudah dikerjakan tangan daripada mesin. Karena itulah, produksi aneka gerabah ini tidak bisa mencapai mass production. Semua demi menjaga kualitas.

Buatan Tangan : Begitu halus, bayangkan betapa terampilnya
Rupanya, Bu Liana juga sering didatangi tetangga yang ingin belajar membuat kerajinan dari tanah liat. Tak jarang pula, ibu-ibu dan anak-anak juga berkunjung untuk sekedar mendalami keterampilan ini. Sepertinya kita juga bisa request gerabah dengan ukuran tertentu. Selain itu, kita juga bisa membeli hasil kerajinan tanah liat langsung di kediaman Bu Liana. Lumayan juga untuk oleh-oleh.





Serius
Kali ini Jombang City Guide datang sebagai murid untuk berguru langsung pada pakarnya. Princess Dija dengan begitu serius mengerjakan tugas sekolahnya. Dari kursus singkat ini, Princess Dija berhasil mendapat pujian dari guru di kelasnya meski hasilnya gak bagus-bagus amat sih.

Bu Liana mengajari dengan begitu telaten

Berputar-putar
  
Tadaaaa!!!

Alhamdulillah, terima kasih banyak untuk Bu Liana dan keluarga. Semoga rezekinya melimpah dan barokah, usahanya disukseskan oleh Allah dan diberi kesehatan serta umur panjang yang barokah.


Tugas sekolah

Bersama Bu Liana dan hasil karya

Bagi yang penasaran dan ingin ikut mencoba membuat kerajinan tanah liat, pasti diterima dengan tangan terbuka oleh Bu Liana dan keluarga. Meski 'kursus' ini tidak dipungut biaya, saran Jombang City Guide bawalah oleh-oleh atau sesuatu yang bermanfaat untuk Bu Liana dan keluarga sebagai bentuk terimakasih karena sudah bersedia berbagi ilmu.



Melihat kebiasaan 'pelatihan' ini, sepertinya potensi Kebondalem-Kademangan untuk dijadikan desa wisata pembuatan gerabah begitu besar. Desa-desa tersebut menerima wisatawan dengan memberikan kursus kilat bagi mereka untuk membuat gerabah dari tanah liat. Beberapa desa di Jogjakarta dan di Pulau Lombok telah membuktikan kesuksesan program ini.

  

Seandainya diwujudkan, dimulai dari rumah produksi Bu Liana dulu saja, sepertinya potensi ini sangat mungkin bisa dijadikan destinasi wisata baru. Wisata Kursus dan Kerajinan Tanah Liat Kebondalem. Kapan ya, Jombang bisa mewujudkannya?



Rumah Produksi Gerabah Bu Liana
Dusun Kebondalem, Desa Kademangan
Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Jombang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...