Minggu, 11 Maret 2018

Eksotisme Berighe Si Bunga Bintang


Selain Bunga Jombang yang disebut Dandelion Si Kembang Sebul, Jombang City Guide suka sekali dengan Bunga Bintang. Sayangnya, Jombang City Guide tidak tahu sebutan maupun nama latin bunga bintang ini.

Pohon Bunga Bintang



Bunga ini tumbuh dalam sebuah rumpun pohon dengan daun yang cukup lebar dengan bentuk bundar sedikit lonjong. Warna bunganya putih keunguan, kontras dengan warna daunnya yang hijau. Saat kuncup, bunga ini mirip seperti tulip kecil. Namun saat mekar Bunga Bintang berkelopak lima, indah seperti bintang.

Kuncup Bunga Bintang

Purple Star Flower

Kelopaknya tebal dan kuat, sesuai dengan habitat dan karakteristiknya yang tangguh. Saat mekar seperti bintang ini, ada semacam putik bunga dengan desain kuat yang menonjol. Putiknya ini juga berbentuk bintang lima, dengan puncak putik kecil berwarna kehijauan. Entah di dalamnya ada madunya atau tidak, namun bunga ini cukup menarik bagi serangga untuk mendatanginya.


Ada beberapa bagiannya yang dipenuhi bulu, mungkin sebagai bentuk adaptasi upaya pertahanan yang dimunculkan bunga yang tangguh ini. Jangan harap mencium harum aroma bunga seperti bunga hias pada umumnya, atau merasakan bau busuk ala bunga bangkai. Bunga Bintang sama sekali tidak berbau. Meski demikian, tetap ada serangga yang mendatanginya. 


Bila diperhatikan, bunga ini tampak sangat unik. Lucu juga imut. Sederhana tapi sangat cantik. Menawan dan begitu tangguh. Kuat, dan jauh dari kata rapuh. Saat Jombang City Guide memegangnya, kami tak takut bunga itu rusak seperti saat memegang bunga lain. Bagi Jombang City Guide, bunga ini begitu indah dan terlalu mempesona untuk bunga liar.

Star Flower


Bunga Bintang merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh di padang gersang tanpa ada yang menanam. Daya tahannya sangat kuat dan tumbuhan ini bisa hidup di mana saja. Bisa di daerah kering, bisa juga di daerah subur seperti tepian sungai. Bunga ini tumbuh di lokasi dimana tempat itu bermandikan cahaya matahari sepanjang waktu.



Pernah sekali Jombang City Guide memotong tangkainya dan menanamnya di rumah, tanaman ini pun tumbuh. Sayangnya karena adik yang tak paham maksud Jombang City Guide untuk memelihara bunga yang lucu dan unik ini, sehingga tanaman ini tak lagi ada dalam pekarangan kami.

Bunga Bintang


Bunga ini tak hanya ada di Jombang, tapi juga di daerah-daerah lain yang memiliki habitat berkarakteristik liar. Di Situbondo dan Bondowoso, tumbuhan ini disebut Berighe dan ini dianggap berbahaya. Mungkin karena tanaman ini tidak bisa dimakan dan cenderung liar sehingga dianggap beracun.



Beberapa orang bahkan memperingatkan kami jangan mendekati bunga ini karena khawatir bisa menimbulkan gatal. Saat kami memegangnya secara pribadi nggak gatel tuh... 😔 mungkin mereka termakan berita bohong.


Dibalik kecintaan Jombang City Guide pada bunga ini, ada satu ketakutan yang kami khawatirkan. Jombang City Guide belum bisa memastikannya dan benar-benar belum tahu. Kami masih menebak-nebak, di balik rumpun dan semak-semak bunga bintang, ada hewan apa yang hidup di bawahnya. Misalnya kalau kategori berbahaya 'kan ngeri juga ya kalau langsung bejudul gitu. 😶



Jombang City Guide belum menemukan literatur tentang bunga ini, mengingat kami belum menemukan nama latin dari bunga yang lucu dan imut ini. Jombang City Guide tidak tahan untuk tidak menulisnya di sini. Karena saking suka dan saking ingin tahunya tentang buka yang elok nan eksotis ini. 


Ada yang suka juga dengan bunga ini?? Apa ada yang tahu tentang bunga ini???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...